TO BE SUCCES WITH OneTeRa

Charis Rachmawati, S.S   @   06 January 2024 14:07

Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 7 SMP Negeri 2 Magelang mengangkat Tema Kewirausahaan dengan Topik "To Be Succes With OneTeRa". OneTeRa adalah singkatan dari Warung Tenda Nusantara yang merupakan konsep wirausaha dalam bidang kuliner dengan menu utama makanan khas nusantara, minuman, dan kudapan (camilan). Projek ini merupakan implementasi dari dimensi profil pelajar pancasila yang meliputi gotong-royong, mandiri, dan kreatif. Projek ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan murid agar ke depan mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri dan lingkungan.

SIMULASI PEMILIHAN SUARA BERSAMA KPU KOTA MAGELANG

Charis Rachmawati, S.S   @   06 January 2024 13:39

SMP Negeri 2 Magelang melaksanakan kegiatan Penguatan Profil Pancasila P5 dengan Tema Suara Demokrasi Sub Tema "Suaraku untuk Perubahan Negeriku". Kegiatan untuk mengenalkan peserta didik dengan proses pemilihan presiden dan wakil rakyat dengan menghadirkan anggota KPU Kota Magelang. Dalam kesempatan ini KPU memberikan penjelasan seputar pemilihan suara dengan nonton film, diskusi, game ular tangga, dan terakhir melaksanakan simulasi pemilihan umum. Peserta didik berperan sebagai Ketua KPPS, saksi, dan berperan sebagai calon yang dipilih. Peserta didik dapat memahami alur pemilihan yang bermakna LUBER - JURDIL langsung Umum Bebas Jujur dan Adil. Peserta didik juga dapat memahami peran di dalam proses pemilihan suara, dan mampu menerapkan dalam proses pemilihan Ketua OSIS dan MPK di sekolah.

SIMULASI SIDANG PARIPURNA DPRD KOTA MAGELANG

Charis Rachmawati, S.S   @   06 January 2024 13:16

Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas 8 dengan tema Suara Demokrasi sub tema "Suaraku untuk Perubahan Negeriku" SMP Negeri 2 Magelang dilaksanakan bulan oktober sampai dengan Desember 2023. Salah satu kegiatan adalah mengenalkan bagaimana wakil rakyat bekerja dengan melibatkan peserta didik dalam proses simulasi sidang paripurna DPRD Kota Magelang. Peserta didik sangat antusias dengan datang dan melakukan sidang paripurna di ruang sidang. Peserta didik berperan menjadi wali kota, wakil wali kota, ketua sidang, sekretaris dewan, dan sebagai ketua fraksi. Ini menjadi pengalaman yang berkesan dan mampu memotivasi peserta didik dalam melakukan proses demokrasi dalam tataran organisasi di sekolah. Kesempatan ini juga menjadi pengalaman menarik yang dapat membentuk karakter peserta didik dalam berfikir kritis, dan berbhineka tunggal ika.